UMUM

1. Apa saja jenis Perguruan Tinggi di Jerman dan apa perbedaannya satu sama lain?

1. Universitäten ( Universities)

Menitik beratkan pada pengajaran dan penelitian, dengan komposisi Teori 60-70 % dan Praktek 30-40%. Beberapa Universitas menawarkan disiplin ilmu yang spesifik, seperti Advanced Technology dan Kedokteran. Jika ingin melanjutkan ke Program Doctoral, Universitas adalah pilihan terbaik

2. Fachhochschulen ( Universities of applied sciences)

Lebih berorientasi kepada praktek , dengan komposisi Praktek 60-70% dan Teori 30-40 %. Mengajarkan pengetahuan-pengatahuan dasar keilmuan dan diadaptasikan kepada kebutuhan terkini dunia professional kerja termasuk penyaluran magang di Perusahaan-perusahaan dan modul-modul praktek, sehingga para mahasiswa bisa

3. Kunst-, Musik-, und Filmhochschulen und Universitäten der Künste (  Universities and Colleges of Art, Music dan Film)

Tempat terbaik bagi para mahasiswa yang ingin belajar lebih kepada orientasi artistik atau desain. Beberapa jurusan yang ditawarkan: Fine Arts, Industrial and Fashion Design, Graphic Arts, Instrumental Music, Voice, dsb. Beberapa Colleges melatih para mahasiswa menjadi Director, Camera operators, Screenwriters, Technicians dan Producers for film and television

2. Berapa perbandingan Univesitas Negeri dan Swasta di Jerman serta apa perbedaan diantara keduanya?

Perbandingan Universitas Negeri dan Swasta adalah 97% : 3%.

Univesitas Negeri menerima pendanaan dari Pemerintah, sementara Universtias Swasta melalui pendanaan privat. Namun dari segi kualitas Pendidikan diantara kedua jenis Univesitas tetap berkualitas terbaik.

3. Apakah ada system rangking Uni di Jerman sehingga saya bisa melihat mana Universitas-Universitas yang terbaik?

Sangat berbeda dengan Negara-negara lainnya, di Jerman tidak ada tradisi rangking Universitas. Hal utama yang membuat Jerman menjadi Negara maju adalah kualitas tradisi Riset dan Pendidikannya, karena Jerman tidak memiliki SDA yang melimpah. Yang terpenting adalah tentukan dahulu jurusan apa yang akan diambil dan menentukan tempat tinggal di kota besar atau kota kecil, karena pada dasarnya semua uni yang ada di jerman adalah yang terbaik.

4.  Berapa Biaya kuliah di Jerman?

Biaya pendidikan Tinggi di Jerman mendapatkan subsidi Negara, sebagian besar masih memberlakukan free Tuition Fee, bagi sebagian Negara bagian yang membayar, bagaimana dan berapa besar uang kuliah tergantung dari kebijakan masing-masing negara bagian. Namun jikapun membayar, besarnya jauh  lebih rendah dibanding dengan negara barat lainnya.

5. Bagaimanakah biaya hidup di jerman dan peluang untuk bekerja part-time?

Biaya hidup termasuk Sewa tempat tinggal, Makan, Kebutuhan pribadi, transportasi, Listrik, Telepon,Asuransi, Telepon dan aktivitas waktu luang lainnya – rata-rata berkisar 407 – 597 € / bulan. Besar kecilnya biaya hidup tergantung dari gaya hidup dan apakah tinggal di kota besar atau kecil.

Part time; bisa juga mencari pekerjaan di mading universitas, atau mendaftarkan diri kpd outsource pencari pekerjaan

Upah 8 euro – 12 euro/jam, tergantung pd pekerjaan mengandalkan otot (fisik) atau otak (kemampuan otak)

Sebagai mahsiswa, kita berhak untuk part time saat kuliah dengan max 20 jam/minggu, bahkan disaat musim libur bisa bekerja secara Full time dengan upah € 8 s/d €12 per jam

Program Pra-Bachelor

1. Apa saja syarat-syarat administrasi untuk dapat mengikuti program Progress ?

  • § Formulir pendaftaran sebesar Rp 9.900.000,- ( sudah termasuk psikotest )
  • § Lulus SMA atau sederajat.
  • § Memenuhi Persyaratan-persyaratan administrasi.

2. Kualifikasi apa saja untuk dapat sekolah di Jerman dengan program Progress ?

  • § Tes masuk untuk mengikuti program Progress dengan Metode kind under Uni
  • § Bisa bahasa jerman dengan sertifikat B1 atau 480JP, namun progresschule menambah 80 JP lagi khusus untuk pelajaran eksakta dalam bahasa Jerman.

3. Program apa saja yang saya dapat dari Progress ?

1. Seleksi Tes Psikologi (IQ, EQ, Bakat Skolastik, dan Uji Konsep Diri)

2. Program di Indonesia (  7 Bulan )

2.1 Bahasa Jerman Superintensif Plus (560 Jam)

2.2 Akademik, Birokrasi dan Mental Budaya

3. Program di Jerman ( 3 Bulan )

3.1 Bahasa Jerman Intensif di Sprachschule

3.2 Akademik, Birokrasi dan Mental Budaya

4. Apakah sekolah bahasa bisa di lakukan selain di Progress ?

Bisa, selama siswa yang bersangkutan telah memiliki sertifikat B1. Kami sarankan tetap mengikuti program bahasa di Progresschule karena memberikan materi pembelajaran bahasa jerman khusus untuk persiapan studi di jerman.

5. Apakah Progress bisa menjamin siswa bisa diterima di Uni ?

Siapapun tidak dapat menjamin untuk diterima di Universitaet di Jerman, (jika ada yang bisa menjamin itu berarti suatu kebohongan). Namun progress menjamin program persiapan studi yang terbaik:

  1. Test Minat bakat
  2. Indonesia ( 7 bulan)
  3. Test B1 Pruefung oleh Hartnackschule dari Jerman langsung di Jakarta
  4. Test masuk Studkol/Pra Uni (ANP) dari Jerman langsung di Jakarta
  5. Jerman (3 bulan)

6. Bulan apa siswa bisa mulai studientkolleg di jerman ?

Winter di bulan Oktober sampai Maret

Summer di bulan April sampai September

7. Apakah siswa yang sekolah dengan sertifikat A level bisa langsung masuk uni tanpa studientkolleg ?

Ya bisa, akan tetapi siswa tersebut harus lulus tes DAF international dengan minimal level 4 atau mencapai level B2.3

A-level; Bisa mengikuti kelas internasional tanpa harus mengikuti studienkolleg

8. Apakah benar siswa yang mengambil jurusan kedokteran butuh sertifikasi ? kenapa orang kedokteran butuh sertifikasi ?

Hingga saat ini ”Ya”, karena 2 hal :

a. Perbedaan musim antara 4 musim dengan daerah tropis 2 musim, sehingga banyak penyakit yang berbeda cara penanganannya.

b. Melindungi lulusan dalam negeri. Tetapi tidak lama karena pada AFTA 2015 akan ada persaingan terbuka kompetensi dokter – dokter di ASEAN, bahkan memungkinkan untuk RS.Internasional buka di Jakarta.

c.  Dokter yang berbasis spesialis jauh lebih mudah mendapatkan sertifikasi daripada dokter umum karena keahliannya masih sangat dibutuhkan di Indonesia.

d.Penyesuaian dengan alat – alat kedokteran yang modern di Jerman dengan di Indonesia yang masih dilakukan secara manual

9. Berapa lamakah kuliah kedokteran untuk umum ?

Jurusan kedokteran menghabiskan waktu 10 semester dengan Studienkolleg 1 thn

10. Universitas apa yang paling bagus untuk jurusan Kedokteran di Jerman ?

Kualitas Universitaet kedokteran di Jerman cenderung setara cuma ada beberapa Univertaet yang mempunyai sejarah panjang co. Uni Heidelberg, atau juga ada uni yang yang saat ini sedang dalam kaloborasi / penelitian untuk menjadi ” harvardnya ” kedokteran di dunia co. Universitaet Charite Berlin.

11. Apakah tempat tinggal di Jakarta disediakan Progress atau tidak ?

Untuk tempat tinggal, Progress akan bantu secara cuma-cuma untuk mencarikan

tempat tinggal yang layak dan strategis

12. Bagaimana dengan tempat tinggal saat saya kuliah ?

Selama pendampingan 3 bulan, Progress akan menjamin tempat tinggal siswa di apartement yang siap pakai dan strategis. Selanjutnya, sebelum siswa memasuki Universitas, Progress juga akan mencarikan tempat tinggal yang permanen

13. Bagaimana peranan Progress setelah pendampingan 3 bulan ?

Tujuan pendampingan 3 bulan di Jerman adalah untuk membantu mendampingi segala kebutuhan dan keperluan siswa sehingga diharapkan siswa mempunyai bekal dan pondasi dasar yang kuat untuk studi 3 s/d 4 tahun di Jerman. Setelah itu, jangan khawatir pasca 3 bulan pendampingan Progress berkomitmen untuk membuat sebuah wadah atau pusat informasi bagi siswa/i yang pernah di dampingi sehingga siswa/i selalu merasa mempunyai tempat untuk sharing bila ada masalah.

14. Apakah Progress bisa membantu saya dalam mencari pekerjaan part-time ?

Tentu saja Progress akan membantu bagaimana mendapatkan Part-time job melalui workshop informasi kerja. Namun untuk info pekerjaan part-time itu sendiri pada dasarnya sangat banyak di Jerman dapat melalui Mading kampus maupun Internet, informasi juga dapat di peroleh melalui agen-agen yang mencari calon pekerja.

15. Bagaimana dengan uang Jaminan, apakah Progress bisa bantu ?

Progress akan membantu para orang tua yang membutuhkan bantuan pengadaan uang jaminan dengan menyambungkan kepada pihak Bank Rekanan Progress sehingga orang tua tidak perlu melakukan prosedur normal sebagaimana mengajukan KTA ke Bank.

16. Bagaimana dengan biaya hidup, apakah Progress bisa bantu jika ada permasalahan ?

Pada prinsipnya salah satu tujuan didirikannya kantor perwakilan Progress di Jerman dan FKOPIJ adalah untuk membantu setiap permasalahan para pelajar Indonesia di Jerman, termasuk biaya hidup. (informasi peluang kerja, bekerja pada project Progress di jerman dll)